Home > Administrasi Sekolah Dasar > Administrasi Kesiswaan

Administrasi Kesiswaan

Administrasi Sekolah Dasar yang tertib dan teratur, sangat diperlukan demi peningkatan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi Kepala Sekolah dan Guru. Melihat betapa pentingnya administrasi sebagai alat dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar, maka Kepala Sekolah sebagai administrator pendidikan bertanggungjawab dalam penyelenggaraan administrasi dan  Guru sebagai unsur pelaksana. Bidang – bidang yang tergolong dalam administrasi pendidikan meliputi :

1. Administrasi program pengajaran

2. Administrasi kesiswaan

3. Administrasi perlengkapan

4. Administrasi Perlengkapan Administrasi bidang kesiswaan mencakup ruang lingkup pencatatan data dan pelaporan. Masalah pencatatan data dan pelaporan  ini  sangat penting. Keduanya sama penting dan saling berkaitan, dan untuk itu perlu disediakan format – format demi tertibnya pencatatan dan pelaporan tersebut. Pencatatan data berasal dari beberapa sumber yang diambil dari kegiatan pencatatan pada :

1. Awal Tahun Pelajaran ( Penerimaan Siswa Baru )

– S-1 (Penerimaan Siswa Baru)

– S-2 (Daftar Calon Siswa Baru)

– S-3 (Daftar Siswa Baru)

2. Selama Tahun Pelajaran

– S-4 ( Buku Induk)

– S-5 (Buku klaper)

– S-6 (Jumlah siswa menurut Asal,Kelas dan Jenis Kelamin)

– S-7 (Jumlah siswa menurut Usia,Kelas dan Jenis KElamin)

– S-8 (Papan Absensi siswa)

– S-9 (Buku Rekapitulasi Absensi Harian Siswa)

– S-10 ( Buku absensi bulanan)

– S-11 (Buku Rekapitulasi Tahunan Absensi siswa)

– S-12 (Surat permohonan pindah sekolah)

– S-13 (Surat Keterangan pindah sekolah)

– S-14 (Mutasi siswa selama semester)

3. Akhir Tahun Pelajaran

– S-15 (Daftar Calon peserta UAS)

– S-16 (Tanda peserta UAS)

– S-17 (Daftar peserta dan prestasi UAS)

– S-18 (Pendaftaran masuk SLTP)

– S-19 (Daftar Naik kelas)

– S-20 (Rekapitulasi berhasil tidaknya siswa)

4. Administrasi keuangan

Khusus dalam bidang adminitrasi kesiswaan, Kepala Sekolah bertanggungjawab atas terlaksananya kegiatan :

1. Penerimaan siswa baru

2. Pengelompokan siswa

3. Kehadiran dan ketidak hadiran siswa di sekolah

4. Penilaian kemajuan siswa

5. Laporan kemajuan siswa

6. Naik tidaknya siswa

7. Bimbingan kepada siswa

8. Pelayanan kesehatan siswa

9. Mutasi siswa

Data dan informasi yang menggambarkan  pertumbuhan  dan perkembangan siswa baik perorangan maupun kelompok perlu dihimpun, dicatat dan diperlihara  secara  cermat

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: